Menurut Burton dalam Lufri (2006:11 ) ”Hasil Belajar merupakan pola-pola perbuatan, nilai-nilai,pengertian,sikap-sikap,apresiasi,kemampuan dan keterampilan”
Hasil belajar pada dasarnya merupakan akibat dari suatu proses belajar. Hal ini akan ditandai dengan adanya perubahan dalam diri siswa. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan pengetahuan, penalaran keterampilan dan nilai sikap.
Hasil belajar akan diperoleh setelah melakukan evaluasi yang diklarifikasikan oleh Benjamin Bloom (Winkel ,1999 :245-249) menjadi tiga ranah.
a. Ranah Kognitif
Yaitu berkenaan dengan hasil belajar Intelektual yang terdiri dari enam aspek yaitu pengetahuan, perubahan, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi.
b. Ranah Afektif
yaitu berkenaan dengan sikap yang terdiri dari empat aspek yaitu penerimaan, jawaban/reaksi, penalaran organisasi dan internalisasi.
c. Ranah Psikomotor
Yaitu berkenaan dengan hasil belajar keterampilan dan kemampuan bertindak yang terdiri dari gerak refleks,keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, keharmonisan dan ketepatan,gerakan kompleks dan gerakan ekspresif dan interpretatif.
-marthayunanda-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar