Pembahasan tentang Hasil Belajar

Pembahasan tentang Hasil Belajar

Perolehan pengetahuan dalam suatu pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar memang bukan satu-satunya tolak ukur yang digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan siswa. Namun, dengan memperhatikan hasil belajar siswa, guru dapat melihat sejauh mana siswa memahami materi yang telah dipelajarinya.
Penilaian hasil belajar memiliki tujuan yang sangat penting dalam pembelajaran. Menurut Arikunto (2008: 11), tujuan penilaian hasil belajar adalah “untuk mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa dan apakah metode  yang digunakan sudah tepat atau belum”. Selain  itu, penilaian hasil belajar juga bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran (Dimyati dan Mudjiono, 2006 : 200).
Hasil belajar yang diperoleh siswa melalui proses pembelajaran dapat diketahui dengan menggunakan instrumen atau alat yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah tes. Hasil tes ini kemudian diolah, dianalisis dan dinilai oleh guru.

Hasil belajar yang dicapai oleh siswa hendaknya mempunyai efek positif terhadap peningkatan minat siswa untuk belajar.  Dengan mengetahui hasil yang dicapai dalam pembelajaran, siswa akan termotivasi untuk meningkatkan keaktivan dan keterlibatannya dalam pembelajaran.
-marthayunanda-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top