Materi SMA: Manajemen

Materi SMA: Manajemen

a.         Pengertian Manajemen
Istilah suatu manajemen mengndung tiga pengertian:
1.    Manajemen sebagai suatu proses.
2.    Manajemen  sebagai suatu kolektifitas orang-orang melakukan aktifitas manajemen
3.    Manajemen sebagai suatu seni dan sabagai suatu ilmu
Berbagai definisi manajemen :
-          George R.Terry, dalam bukunya, The Principles Of Management, mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya melalui usaha orang-orang lain
-          Harold Konntz dan Cyril O’Donnel, dalam bukunya, The Principles Of Managements, mengatakan bahwa manajemen adalah cara mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
-          Prof.Dr.A.Sanusi, SH dalam bukunya, Seminar Pendidikan Management, IKIP Bandung, menyebutkan bahwa manajemen adalah suatu sistem tingkah laku manusia yang kooperatif, yang dipimpin secara teratur melalui usaha yang terus menerus dan merupaka tindakan rasional.
-          John D.Millet, dalam bukunya management In the Public Service, mengemukakan bahwa manajemen adalah proses pengerahan dan pemberian fasilitas/pekerjaan kepada orang-orang yang diorganisasikan di dalam organisasi-organisasi formal, guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.
b.        Jenjang Manajemen
1.        Manajemen Puncak
Adalah jenjangg manajemen tertinggi, atau sering jugadisebut manajemen senior.  Jenjang puncak biasanya terdiri dari dewan direktur
2.        Manajemen Menengah
Manajemen menengah terdiri dari para pimpinan pabrik atau kepala divisi. Tugas utama manajemen menengah adalah mengembangkan rencana-rencana operasi dan menjalankan keputusan atau rencana-rencana yang ditetapkan oleh manajemen puncak.
3.        Manajemen Pelaksana
Manajemen pelaksana adalah manajemen tingkat paling bawah. Tugas utamanya untuk menjalankan keputusan-keputusan atau rencana-rencana yang dibuat oleh manajemen menengah.
c.         Fungsi-fungsi Manajemen
1.        Perencanaan (Planning)
Adalah fungsi yang berhubungan dengan pembuatan keputusan mengenai apa yang akan dikerjakan, apa tujuan perusahaan, dan apa strategi dan alternatif tindakan.
2.        Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan dan pengembangan struktur organisasi atau struktur perusahaan yang sesuai agar  pekerjaan  dapat diselesaikan dengan baik.
3.         Pengarahan (Directing)
Pengarahan adalah fungsi manajemen yang bertujuan untuk memotivasi dan membimbing karyawan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
4.        Pengedalian (Controling)
Pengendalian adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan prosedur pengukuran hasil kerja terhadap tujuan perusahaan.
d.        Bidang-Bidang Manajemen
1.        Manajemen Personalia
2.        Manajemen Pemasaran
3.        Manajemen Produksi
                       4.      Manajemen Keuangan
-marthayunanda-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top