Soal Ekonomi Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan dan Pasar

Soal Ekonomi Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan dan Pasar

1.Permintaan adalah…..
   a. Jumlah barang dan jasa yang dbutuhkan konsumen pada suatu saat.
   b. jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga dan waktu  tertentu
   c. jumlah barang dan jasa yang dimiliki oleh konsumen pada suatu waktu tertentu
   d. jumlah barang dan jasa yang dibeli konsumen dipasar
   e. jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pad berbagai tingkat harga dimasa yang telah lampau

2.Andi membutuhkan sepatu baru karena sepatunya telah jebol. Harga sepatu Rp 150.000, sedangkan uang yang dimiliki andi hanya Rp.100.000. Hal ini berarti permintaan andi tergolong kedalam permintaan……
   a. efektif                   b. potensial        c. absolute        d. individu         e. pasar

3. Dibawah ini adalah factor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran barang :
   1.harga barang          2. biaya produksi
   3.selera                     4.teknologi
   5. tingkat pendapatan
  
Adapun factor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan adalah…
   a. 1,2,3         b. 3,4,5            c. 2,3,4      d. 1,2,4          e. 1,3,5
  
4. Beberapa factor yang mempengaruhi jumlah barang yang diminta dan jumlah barang yang ditawarkan diantaranya..
   1.intensitas kebutuhan
   2.biaya produksi
   3.pendapatan konsumen
   4.adat istiadat
   Factor-faktor yang mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan, yaitu ;
   a. 1,2,3         b. 1,3,4            c. 2,3,4          d. 2,4,5           e. 3,4,5
  
5. Salah satu factor yang mempengaruhi jumlah barang yang diminta yaitu harga barang substitusi. Jika harga mentega naik, permintaan margarine akan…
   a. naik           b. tetap                        c. turun          d. Stabil           e. Berubah

6. Harga barang komplementer akan mempengaruhi permintaan suatu barang. Jika harga gula naik, jumlah teh yang diminta konsumen akan….
   a. naik           b. tetap                        c. Turun         d. Stabil           e. Berubah

7. Kurva permintaan sebuah produk bergeser kekanan akibat adanya…..
   a. penurunan harga produk dipabrik
   b. penurunan penawaran dari produsen
   c. peningkatan pendapatan konsumen
   d. penurunan harga barang substitusi
   e. peningkatan harga barang komplementer

8. Pada harga Rp 10,- jumlah barang yang diminta 10 unit, sedangkan pada harga Rp 8,-,jumlah barang yang diminta 14 unit. Berdasarkan data tersebut fungsi permintaannya adalah….
   a. Qd = -2P + 30      b. Qd = 2P + 30
   b. Qd = 2P – 30       d. Qd = 0,5P + 30
   e. Qd = 0,5P – 30


9. Diketahui fungsi penawaran 2Qs = 6P + 10. Jika harga barang ditetapkan sebesar Rp 25,- perunit, jumlah barang yang ditawarkan akan sebesar….
   a. 160 unit    b. 140 unit       c. 80 unit       d. 75 unit           e. 70 unit

10. Funsi permintaan sepatu dilambangkan oleh Qd = 890 – 2P. Jika jumlah barang yang diminta 450, sepasang sepatu dihargai….
   a. Rp 220      b. Rp 225        c. Rp230
   d. Rp 260     e. Rp 280

11. Jika jumlah barang yang diminta meningkat sebanding dengan jumlah peningkatan barang yang ditawarkan, titik keseimbangan akan bergeser  ke ….
   a. bawah       b. atas              c. Kiri     d. kanan       e. Tetap
    
   12. Diketahui fungsi permintaan suatu barang Qd = - 3P + 30 dan fungsi penawaran Qs = 3P – 15. Titik keseimbangan yang diperoleh dari fungsi-fungsi tersebut yaitu…..
   a. (7,5 ; 7,5)     b. ( 7,5 ; 6 )       c. ( 6 ; 7,5 )             d. ( - 7,5 ; - 7,5 )      e. (-7,5;7.5)
           
13.  Pada saat harga barang Rp 100 jumlah permintaan 20 unit, kemudian harga naik menjadi Rp 150, jumlah permintaan akan turun menjadi 15 unit. Maka elastisitas permintaannya sebesar….
a. 0,20              b. 0,50                  c. 1,00            d. 1,50             e. 2,00
         
14.  Hukum permintaan menunjukkan hubungan….
a.permintaan dan harga barang
b. banyaknya barang yang diminta dan harga barang
c. harga-harga barang yang berkaitan
d. selera konsumen
e. pendapatan konsumen

15.  Sesuai dengan hukum penawaran jika harga daging ayam naik maka ……
a. daging sapi yang ditawarkan naik
b.daging ayam yang ditawarkan naik
c. kurva penawaran mempunyai slope negative
d. kurva penawaran bergerak dari kiri atas ke kanan bawah
e. jumlah penjual daging ayam bertambah

16. Dalam kehidupan ekonomi, pasar memiliki arti penting bagi….
      a. konsumen, produesen, makelar
      b. distributor, grosir, pedagang besar
      c. konsumen, produsen, pemerintah
      d. distributor, grosir, pemerintah
      e. konsumen, produsen, pedagang besar

17.  Pasar untuk barang-barang seperti tembakau di Bremen, kopi di Santos, karet di New York, biasa disebut dengan pasar…
a. ekspor                b. Negara
c. antarbangsa       e. internasional
d. nasional

18. Jika dalam suatu pasar terdapat banyak pedagang yang hanya menjual barang yang sejenis, maka pasar ini termasuk dalam struktur pasar…..
      a. monopolistis b. oligopoly    c. monopoli       d, monopsoni    e. persaingan sempurna
     
19. Jika seorang pembeli dapat memeriksa langsung barang yang hendak dibelinya, keadaan itu merupakan keadaan pasar…
      a. abstrak               b. harian          c. konkret         d. nasional          e. mingguna
     
20. Bu asih sedang tawar menawar harga dengan penjual mangga. Setelah disepakati harga setiap kilogramnya Rp 3500, hal ini merupakan salah satu fungsi pasar, yaitu fungsi……
      a. penentu penjualan mangga    d. perkenalan penjual dan pembeli
      b. penentu tawar mena               e. Penentu barang yang diperjualbelikan
      c. pembentukan harga

21. Pasaran motor di Indonesia dikuasai oleh “ Tiga Besar” produk yaitu Honda, Yamaha, Suzuki. Pasar sepeda motor di Indonesia tersebut menunjukkan pasar….
      a. Persaingan sempurna     b. oligopoly   c. oligopsoni      d. monopoli     e. monopsoni
     
22. Penjual bebas menutup dan membuka usahanya, barang yang diperjualbelikan bersifat homogen adalah ciri pasar…
      a. monopoli     b. monopolistic   c. oligopoly    d. oligopsoni    e. persaingan sempurna

23.  Adanya campur tangan pemerintah terhadap pasar monopoli melalui pajak mengakibatkan….
a. biaya rata-rata per unit naik     d. harga jual pada konsumen turun
b. biaya rata-rata per unit turun       e. laba total perusahaan cenderung turun
c. laba rata-rata perusahaan cenderung turun

24. Tindakan pemerintah untuk mempengaruhi pasar monopoli dilaksanakan antara lain dengan cara….
      a. melarang pemasaran produk monopo      d. mendirikan perusahaan2 negara
      b. menetapkan harga eceran tertingg          e. menciptakan undang2 monopol
      c. menutup perusahaan2 monopoli
     
25. Suatu kondisi dimana permintaan dan pasar dikuasai oleh pembeli tunggal disebut pasar…..

      a. monopoli    b. monopsoni     c. oligopsoni       d. oligopoly       e. duopoli

Kunci Jawaban:


No
Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
1
B
11
D
21
B
2
B
12
A
22
E
3
E
13
A
23
A
4
A
14
B
24
B
5
A
15
A
25
A
6
C
16
C


7
C
17
E


8
A
18
E


9
C
19
C


10
A
20
C


-marthayunanda-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top