Arti Pembelajaran Matematika

Arti Pembelajaran Matematika

1.      Pembelajaran Matematika
Pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu hasil belajar. Proses  pembelajaran pada dasarnya terdiri atas dua kegiatan yaitu belajar dan mengajar. Secara psikologis belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidup. Belajar sebagai suatu proses, ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang.
Slameto (2003:2) menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Menurut Sudjana (2000:28) belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti perubahan pemahaman, pengetahuan, sikap dan tingkah lakunya, daya penerimaan dan lain-lain aspek yang ada pada individu siswa.

7
Hamalik (2004:44) mengemukakan bahwa mengajar adalah menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik atau murid sekolah. Dalam pembelajaran siswa dipandang sebagai titik sentral pembelajaran, artinya siswa adalah objek yang perlu dikembangkan segala potensi yang dimilikinya dalam memahami konsep pembelajaran yang diajarkan. Untuk itu guru sangat penting dalam mengusahakan sistem pembelajaran yang maksimal sehingga siswa dapat menguasai pelajaran secara optimal dan mencapai hasil yang optimal.

Berdasarkan definisi-defenisi ahli di atas, pembelajaran matematika dapat dikatakan suatu proses belajar mengajar yang melibatkan guru dan siswa, dimana perubahan tingkah laku siswa diarahkan pada pemahaman konsep matematika yang mengantarkan siswa berpikir secara sistematis.
-marthayunanda-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top