Metode Pembelajaran yang Efektif

Metode Pembelajaran yang Efektif

Suatu proses pembelajaran pastinya banyak melibatkan unsur-unsur tertentu. Mulai dari pengajar, peserta didik, bahan ajar, strategi pembelajaran dan metode pembelajaran. Untuk kali ini kita akan memaparkan Metode Pembelajaran yang efektif itu seperti apa.
Dalam pemilihan metode pembelajaran, kita tidak dapat mengklaim satu metode merupakan metode yang terbaik. Semua tergantung akan kondisi. Tidak ada metode pembelajaran yang sempurna. Tetapi penerapan dari seorang guru lah yang menyempurnakan sebuah metode pembelajaran. Sebagaimana dijelaskan di awal tadi, tergantung bagaimana kondisi dalam proses pembelajaran.
Berikut beberapa kriteria kecocokan efektifitas sebuah metode pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran.
Mengembangkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan
Suatu metode pembelajaran dikatakan efektif jika metode tersebut dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman terhadap materi pelajaran yang sedang diajarkan oleh gurunya. Dengan metode yang digunakan tersebut siswa merasa terbantu dalam mempelajari suatu materi.
Meningkatkan rasa ingin tahu siswa akan materi tersebut
Rasa ingin tahu (curious) sangat penting dalam suatu proses belajar mengajar. Bayangkan, Jika siswa memiliki rasa ingin tahu yang besar maka proses pembelajaran akan menjadi suatu proses “lempar-tangkap” balik antara pengajar dan siswanya. Rasa ingin tahu bisa memberikan siswa suatu kekuatan  untuk melaksanakan tugas yang akan diberikan nantinya. Dengan rasa ingin tahu jugalah, nantinya akan muncul motivasi dari diri siswa sendiri
Membuat siswa merasa tertantang menguasai Materi
Dalam proses pembelajaran tidak akan terlepas dari peran aktif siswa dalam bentuk pengerjaan tugas tertentu. Metode Pembelajaran yang efektif seharusnya dapat membuat siswa tertantang untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas tersebut dengan sebaik mungkin. 
Meningkatkan ke-aktif-an siswa secara mental, fisik, dan psikis
Prinsp penting dalam sebuah pembelajaran adalah tentang keaktifan siswa untuk memperoleh pengetahuan atau informasi yang lebih. Penggunaan metode mengajar yang efektif akan berimplikasi pada aktivitas siswa dalam pembelajaran yang akan nampak secara nyata. Dengan adanya aktifitas siswa baik secara mental, fisik, maupun psikis, siswa akan belajar penuh makna dan pastinya hasil belajar yang mereka dapat akan bertahan lebih lama.
Membantu siswa tumbuh kreatif
Hal lain yang merupakan indikator metode mengajar efektif adalah seberapa mampu membantu siswa agar  tumbuh menjadi individu yang kreatif. Metode mengajar yang efektif membuat siswa berlatih menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi: berpikir kreatif, dalam menyelesaikan tugas  pembelajaran. Dengan latihan seperti ini, ditujukan agar siswa akan tumbuh menjadi individu yang kreatif.
Mudah dilaksanakan oleh guru
Metode pembelajaran yang efektif tentunya tidak akan memberatkan untuk guru. Dalam pelaksanaannya tentu tidak akan menjadi beban bagi guru, melainkan suatu hal yang membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. [marthayunanda]





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top