Soal Fisika Gelombang Bunyi

Soal Fisika Gelombang Bunyi


SOAL FISIKA – GELOMBANG BUNYI

KELAS XII

1. Sebuah dawai menghasilkan nada dasar f0 , jika panjang dawai ditambah 25% panjang semula dan tegangannya diubah menjadi 4x semula, maka frekuensi nada dasarnya menjadi…


2. Pipa organa terbuka menghasilkan nada harmonic ke-3 dengan frekuensi 600 Hz. Jika cepat rambat gelombang bunyi 320 m/s, maka panjang pipa adalah …

3. Bunyi halilintar terdengar 2,5 detik setelah kilat, maka jarak halilintar dari pengamat tersebut adalah … ( Vbunyi = 340 m/s )

4. Taraf intensitas bunyi di suatu tempat adalah 40 dB, jika sumber berada 50 meter dari tempat itu, maka daya yang terpancar dari sumber adalah … watt (anggap sumber bunyi memancarkan gelombang ke segala arah sama besar)

5. Sebuah ambulans melaju dengan 108 km/jam di jalan raya sambil membunyikan sirene, seorang pengamat yang berdiri di tepi jalan mendengar frekuensi f1 saat ambulans mendekat dan f2 saat ambulans menjauhinya. Berapakah perbandingan f1 : f2 ?

6. Dawai terbuat dari bahan dengan massa jenis 250 kg/m3, diameter 1mm. Jika diinginkan nada dasar yang terjadi adalah 400 Hz, berapa tegangan yang harus diberikan? Panjang dawai 75cm

7. Nada atas ketiga sebuah pipa organa terbuka beresonansi dengan nada atas ketiga pipa organa tertutup. Berapa perbandingan panjang pipa tersebut?

8. Seorang anak membawa garpu tala dengan frekuensi 420 Hz berjalan mendekati anak lain yang membunyikan pipa organa. Jika cepat rambat gelombang bunyi saat itu 338 m/s dan kecepatan anak 2 m/s. Peniup pipa organa tidak mendengar layangan. Tentukan :

a. Frekuensi pipa organa

b. Layangan yang didengar anak pembawa garpu tala?

9. Taraf intensitas bunyi 3 mesin yang dijalankan bersama di tempat yang berjarak r sebesar 65 dB. Jika 15 mesin yang dijalankan bersama, berapa TI yang didengar di tempat yang berjarak 2r dari sumber?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top